close
-->

Apa itu <!DOCTYPE html>?

Bagi seorang web designer, pasti sudah sering mendengar tentang <!DOCTYPE html>. Bagaimana tidak, baris kode ini selalu muncul di setiap halaman web yang akan dibuat. Namun, bagi sebagian pemula mungkin belum memahami, sehingga muncul pertanyaan "Apa sebenarnya fungsi dari <!DOCTYPE html>" ini?

doctype html

Baiklah, izinkan saya menjelaskannya dengan sederhana.

Pernahkah Anda mengalami masalah saat membuat sebuah halaman web, namun tampilannya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan di browser? Hal ini bisa terjadi karena browser tidak tahu jenis dokumen yang akan ditampilkan.

<!DOCTYPE html> adalah baris kode yang digunakan untuk memberitahu browser bahwa halaman yang akan ditampilkan adalah dokumen HTML5. Dengan adanya baris kode ini, browser akan tahu cara menampilkan halaman tersebut dengan benar.

Analogi yang dapat digunakan adalah seperti petugas imigrasi di bandara. Petugas imigrasi harus tahu jenis paspor yang digunakan oleh seseorang agar dapat menentukan apakah orang tersebut boleh masuk ke negara tersebut atau tidak. Begitu juga dengan <!DOCTYPE html>, baris kode ini memberitahu browser jenis dokumen yang akan ditampilkan agar dapat menampilkan halaman dengan benar.

Demikian.

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
Silahkan chat dengan Tim SI kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Klik untuk Mulai Chat...