close
-->

Pembuatan Tabel DDL dan DML (Pengujian CRUD) Database Sistem Informasi Desa berbasis Web di Oracle APEX

SOBAT SI sekalian, kali ini saya akan mempresentasikan sebuah project TERKAIT TAHAPAN PEMBUATAN DDL DAN DML PERANCANGAN DATABASE SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS WEB PADA SITUS INDAH.DESA.ID menggunakan SQL COMMANDS di Oracle Application Express (APEX).

Topik/judul presentasi saya ini sebetulnya merupakan kelanjutan (follow-up) dari project saya sebelumnya di semester 2 kemarin. Apa bedanya?

Bedanya, kalau dalam project yang sebelumnya saya lebih fokus membahas tentang Skenario rancangan sistem informasi, entitas dan atributnya, business rule, matrix relationship diagram, ERDish, serta ERD Logical Model dan ERD Physical/Relational Model.

Maka dalam project kali ini, saya akan fokus pada menjelaskan tentang langkah demi langkah (step by step) pembuatan tabel DDL dan skenario pengujian CRUD (Create, Read, Update, Delete) DML dari rancangan database sistem informasi desa berbasis web pada situs indah.desa.id.

Video ini dibuat untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester (UAS) Mata Kuliah Praktikum Database Design and Programming with SQL, yang mencoba menjawab soal ujian berikut ini:

'Upload video ke Youtube berisi tahapan pembuatan DDL dan DML menggunakan screen recorder dengan story board sebagai berikut:

  1. Opening perkenalan Nama, NIM, Prodi, Fakultas, Universitas serta Mata Kuliah
  2. Penyampaian judul project dan penjelasan singkat mengenai project tersebut
  3. Penjelasan langkah demi langkah pembuatan tabel DDL (Data Definition Language)
  4. Penyampaian skenario pengujian CRUD dan praktek DML (Data Manipulation Language)
  5. Closing'

Berikut ini video tutorial Pembuatan Tabel DDL dan DML (Pengujian CRUD) Database Sistem Informasi Desa berbasis Web di Oracle APEX:

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget
Silahkan chat dengan Tim SI kami Admin akan membalas dalam beberapa menit
Halo, Ada yang bisa kami bantu? ...
Klik untuk Mulai Chat...